Bagaimana Cara Memperbaiki Jendela Mobil Otomatias yang Mace

power window mobil macet

Hampir semua mobil yang diproduksi baru-baru ini di pasaran memiliki power window. Ini sangat merajalela hari ini sehingga telah menjadi norma. Beberapa dari kita bahkan lupa cara menggulung jendela secara manual.

Hal ini cukup dimaklumi karena kebanyakan mobil tidak menggunakan cara ini karena mobil power window cukup populer.

Perlengkapan mekanis ini sering membuat segalanya lebih mudah, dan itu termasuk regulator power window . Namun, mereka mungkin cenderung mengembangkan kesalahan seperti jendela mobil turun tetapi tidak naik .

Situasi ini menghadapkan mobil Anda pada bahaya pencurian atau kondisi cuaca buruk. Di saat seperti ini, bagaimana cara menarik power window mobil yang macet untuk menghindari masalah yang disebutkan sebelumnya? Nah, panduan ini akan memberikan proses DIY untuk menarik jendela secara manual dengan cepat sebelum melakukan perbaikan atau penggantian.

Cara menarik Power Window secara Manual

Berikut langkah-langkah cara membuka power window secara manual

Langkah 1: Keluarkan Panel Pintu

Panel pintu samping pengemudi depan memiliki tiga sekrup logam dan dua sekrup plastik yang membentuk lima sekrup yang menahannya pada posisinya. Masing-masing sekrup logam berada di bawah penutup plastik, di bawah pegangan konsol pintu, dan di belakang pintu serta lampu sorot kanan. Sekrup tanpa logam ada di tepi panel.

Anda harus mengambil penutup plastik yang menyembunyikan sekrup dan mengendurkannya. Kemudian keluarkan konsol pintu dari panel. Pasang obeng pipih di belakangnya dan tarik seluruh konsol ke belakang untuk melepaskan sepenuhnya. Di bawah konsol, lepaskan kedua konektor kabel.

Hal berikutnya adalah menyeret tab di belakang konektor plastik dengan obeng dan memisahkan konektornya. Pindahkan konsol pintu ke sudut. Kemudian, keluarkan panel plastik hitam di ujung lain dari kunci jendela. Akan jauh lebih mudah untuk menariknya keluar dengan obeng yang diletakkan di atas dan diseret ke bawah.

Tarik bagian bawah panel ke atas untuk melepaskan klem yang mengikatnya ke kusen pintu. Anda dapat menggunakan tangan Anda atau perangkat pencongkel yang ramping untuk mengeluarkan keduanya di setiap sisi. Tarik panel ke atas dan pindahkan keluar jalur; kemudian putar pintu dan dorong keluar dari papan saat masih menahan.

Langkah 2: Lepaskan Jendela dari Motor

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mendapatkan beberapa potong kayu. Panjangnya harus sekitar 1 kaki. Kayu akan berfungsi sebagai penyangga untuk menopang jendela dari pintu.

Anda juga menemukan dua gesper yang memegang pengatur jendela mekanisme Mur ini akan terbuka jika jendela berada di bawah dok terbesar dari bingkai.

Kendurkan mur sambil memegang jendela, meskipun jendela tidak bisa langsung jatuh seperti mekanisme dudukannya. Tarik bagian atas jendela setinggi mungkin dengan satu tangan sambil menahannya di bawah dengan sisi lainnya. Masukkan penyangga ke dalam bingkai, dorong ke bagian bawah jendela dan bingkai pintu.
Langkah

3: Temukan dan Putuskan Sambungan Motor

Pertama, lepaskan ketiga sekrup dan kencangkan motor ke posisinya, yang dekat dengan sisi kanan rangka di bawah port. Pindahkan mesin agar terlihat setelah Anda selesai melepas mur. Anda dapat menariknya ke bagian belakang port kanan di tempat yang cukup dapat diakses dan mudah untuk dikerjakan dan diperbaiki.

Pertama, temukan cincin elastis lebar yang cukup besar untuk melingkari bagian bawah motor sebelum Anda melepas penutupnya. Band ini membantu untuk mencegah jatuh dan hilangnya sekrup di bagian bawah mesin. Setelah Anda memasangnya di dasar motor, Anda bisa melepas mur yang menahan penutupnya.

Untuk melepas penutup motor, tarik ke atas dengan baik untuk melepaskannya dari penjepit magnet yang menahannya pada posisinya. Hal selanjutnya adalah melepas poros motor. Yang ini akan sedikit lebih rumit karena dua kuas menempel di kedua sisinya.

Sikat ini langsung keluar saat Anda melepas gandar, jadi Anda memerlukan dua karet gelang untuk menahannya di tempatnya. Jika Anda mendapatkan snap ring, bungkus erat di sekitar kabel tembaga menuju ke salah satu sikat. Kemudian masukkan kembali ke tepi pita yang lain dan di atas sekrup di bagian lain dari regulator.

Pegang sikat lainnya dengan cara yang sama seperti yang Anda lakukan yang pertama di atas dengan pita kedua. Jika Anda memiliki sikat yang terpasang erat, Anda dapat mengangkat poros dari badan motor. Putar berlawanan arah jarum jam dan pindahkan poros ke sudut yang aman.

Langkah 4: Pasang Jendela ke Motor dan Naikkan

Di sini Anda harus menghubungkan jendela langsung ke motor. Anda harus mengangkatnya dengan tangan Anda sampai batas tertentu dan kemudian menyelesaikan belitan dengan motor. Pegang rana jendela dari atas dan bawah lalu keluarkan alat peraga yang menopangnya.

Kencangkan kembali mur yang menahan jendela kembali ke langkan regulator. Pastikan Anda mengencangkan sekrup dengan baik. Kemudian, letakkan tangan Anda di bawah dan di atas jendela dan tarik ke atas setinggi mungkin.

Tarik cukup ke atas sehingga dapat dengan nyaman duduk di bingkai jendela, tahan hingga mempertahankan ketinggian tertinggi. Gunakan tangan yang lain dan tempatkan kembali poros motor ke posisinya di badan motor. Biarkan poros turun dengan sendirinya tanpa tekanan sampai masuk jauh ke dalam motor.

Jangan lepaskan tangan Anda sepenuhnya dari jendela tetapi gunakan tangan kedua untuk memutar poros searah jarum jam. Proses pembubutan membantunya mengunci ke dalam bodi motor dan kemudian mengklik komutator dengan sikat yang Anda pasang kembali.

Angkat jendela setinggi mungkin saat mendorong poros ke bawah. Ketika keduanya berada di tempat, pasang kembali penutup motor dengan hati-hati. Pastikan Anda tidak salah melepas poros untuk menghindari melonggarkan semuanya lagi. Kencangkan mur kembali saat tutupnya kembali ke posisinya.

Pasang kembali kusen pintu ke tempatnya, kencangkan dengan lima sekrup di tempat yang tepat. Pisahkan konektor kabel sepenuhnya karena Anda tidak akan membutuhkannya untuk sementara waktu.

Langkah 5: Pasang Kembali Panel Pintu

Langkah terakhir adalah memperbaiki kembali semuanya seperti semula. Yang terpenting, pasang kembali penutup kusen pintu polietilen sebelum memasangnya pada posisinya. Pasang kembali pintu ke panel terlebih dahulu, lalu tempatkan bagian belakang atas ke dalam penutup kusen pintu atas.

Tempatkan konsol pintu ke dalam panel dan pasang kembali dua konektor kabel plastik, lalu jepit ke posisinya. Ketuk kedua sisi panel dan tepi dasar untuk memasang konektor pada bingkai. Terakhir, pasang kembali semua sekrup yang Anda lepas.

kata akhir

Anda tidak ingin terjebak dengan jendela mobil turun tetapi tidak bisa naik karena bisa sangat membuat frustrasi. Itu sebabnya Anda harus tahu cara mengaktifkan power window secara manual jika terjadi situasi seperti ini. Anda akan berada dalam posisi yang lebih menguntungkan jika Anda memiliki pengetahuan ini ketika jendela mobil Anda berhenti bekerja .

Panduan kami di atas menyoroti bagaimana Anda bisa mendapatkan perbaikan sementara jika jendela tidak mau terbuka sebelum memanggil bengkel mobil. Singkatnya, Anda harus:

  • Lepaskan panel pintu sebelum hal lain
  • Pastikan Anda memegang kaca dengan cukup hati-hati untuk menghindari kerusakan
  • Buka semua mur dan simpan dengan aman
  • Pastikan Anda memasang kembali semua sekrup setelah semuanya.

Silakan tinggalkan komentar dan pertanyaan Anda di bawah ini di bagian komentar.

Default image
Editorial Staff

Pekanbaru Mitsubishi merupakan media pemasaran online Sales Mitsubishi Pekanbaru, menginformasikan Spesifikasi Mobil, harga Mitsubishi, DP Murah, Cicilan Kredit untuk Wilayah Pekanbaru dan Sekitarnya.

Articles: 5

Leave a Reply

Your email address will not be published.