Cara Memilih Oli Mesin yang Tepat Untuk Mobil Anda

Cara Memilih Oli Mesin yang Tepat Untuk Mobil Anda sehingga mesin jadi lebih awet dan bisa menghemat pengeluaran untuk perawatan mesin.
cara memilih oli mesin

Cara Memilih Oli Mesin yang Tepat

Pernahkah Anda saat asyik mengemudi kendaran di jalan raya dan tiba-tiba lampu peringatan level oli mulai menyala di dasbor?

Anda berhenti di stasiun layanan berikutnya untuk membeli sebotol oli mesin. Apakah Anda melihat berbagai pilihan oli mesin di rak dan tidak tahu harus memilih yang mana?

Saat membeli oli mesin, ada beberapa hal yang perlu Anda periksa. Inilah cara Anda dapat melakukannya:

Periksa manual pemilik Anda

Pabrikan Anda telah membuatnya mudah bagi Anda. Jika Anda menelusuri manual pemilik Anda, Anda akan menemukan berat oli yang direkomendasikan terdaftar. Dalam skenario normal, ikuti saja apa yang terdaftar di sana. Namun, di musim yang ekstrem, Anda mungkin ingin menyesuaikannya.

Dan perlu untuk kita ketahui bahwa oli mesin merupakan salah satu tips perawatan mesin yang pernah kami bahas pada postingan lain. Dan ini adalah bagian pentingnya.

Tingkat Viskositas

Semua oli mesin akan memiliki tingkat kekentalan, yang dijelaskan oleh dua angka yang dipisahkan oleh W. __W__. W singkatan dari musim dingin.

Angka di depannya menunjukkan kekentalan oli saat dingin. Pada dasarnya, seberapa kental oli ini saat Anda menyalakan mobil setelah malam musim dingin yang dingin. Mulai dari nol hingga dua puluh lima dengan langkah lima.

Aturan praktisnya adalah jika Anda mengurangi 35 dari angka ini, Anda akan mendapatkan suhu yang lebih rendah yang bisa ditoleransi oli. Misalnya oli 0W__ dapat mentolerir -35ºC.

Angka setelah W disebut tingkat suhu tinggi, dan nilainya dari 8 menjadi 60. Saat mesin hidup, ini menunjukkan viskositas oli. Semakin rendah angkanya, semakin rendah viskositasnya pada 100ºC, atau semakin encer oli.

Saat ini, yang paling umum adalah antara 16-40—semakin encer oli, semakin sedikit konsumsi bahan bakar. Untuk kelas suhu tinggi, tetap berpegang pada apa yang tertulis di manual mobil.

Tingkat Kinerja

Ini menunjukkan merek dan model mesin di mana oli dapat digunakan. Hal ini didorong oleh spesifikasi. Ingatlah bahwa setiap mesin membutuhkan oli tertentu, yang harus disetujui oleh pabrikan mobil Anda. Oli melewati ratusan tes laboratorium dan mesin yang dipilih secara khusus oleh produsen mobil untuk disetujui.

Berbagai Jenis Oli Motor

Saat ini, ada berbagai macam jenis oli motor untuk dipilih, yang tercantum sebagai berikut:

Oli Sintetis Penuh– Oli ini mengalir lebih baik pada suhu rendah dan mempertahankan viskositas puncak pada suhu tinggi. Ini sebagian besar direkomendasikan untuk kendaraan tugas berat dengan mesin kelas atas. Namun, itu sangat mahal.

Semi-Synthetic Oil– Seperti namanya, itu adalah campuran oli sintetis dan organik. Ini banyak digunakan di SUV, karena memberikan perlindungan terhadap suhu tinggi dan beban mesin yang lebih berat.

Higher Mileage Oil – Oli ini membantu mobil tua meningkatkan jarak tempuh mereka agar tetap berfungsi untuk waktu yang lebih lama.

Conventional Oil – Ini adalah jenis oli termurah yang tersedia di pasaran, yang dapat Anda temukan bahkan di toko mobil. Mereka datang dengan aditif minimal dibandingkan dengan oli semi-sintetis dan sepenuhnya sintetis.

Premium Conventional Oil – Jenis oli ini mencakup kendaraan ringan. Ini tersedia dalam berbagai viskositas di pasar untuk menutupi mobil dan kondisi yang berbeda.

Default image
Editorial Staff

Pekanbaru Mitsubishi merupakan media pemasaran online Sales Mitsubishi Pekanbaru, menginformasikan Spesifikasi Mobil, harga Mitsubishi, DP Murah, Cicilan Kredit untuk Wilayah Pekanbaru dan Sekitarnya.

Articles: 5